Artificial Intelligence


Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi proses kecerdasan manusia dalam mesin (terutama sistem komputer) yang diprogram untuk bertindak dan berpikir seperti manusia. Proses-proses ini termasuk menjadi tiga, yaitu pembelajaran (pemerolehan informasi dan regulasi penggunaan informasi), penalaran (menggunakan aturan guna mencapai perkiraan kesimpulan), serta koreksi diri. 



AI dibagi menjadi dua macam, yaitu weak AI dan strong AI. Weak AI merupakan sistem AI yang dirancang untuk mengeksekusi tugas tertentu. Contoh weak AI: Apple SIRI (asisten pribadi virtual). Sementara strong AI merupakan sistem AI dengan kemampuan kognitif manusia secara umum. Sistem strong AI dapat menemukan solusi tanpa harus ikut campur tangan manusia ketika ada tugas yang tidak dikenal.


Kegunaan Artificial Intelligence (AI):
1. Smart homes dan perangkatnya
2. Transportasi dan pengiriman
3. Media sosial


Contoh Artificial Intelligence (AI):
  • SIRI: SIRI merupakan salah satu asisten pribadi paling populer yang ditawarkan oleh Apple di iPhone maupun iPad. Asisten wanita yang diaktifkan dengan suara ramah tersebut mampu berinteraksi dengan pengguna pada rutinitas sehari-hari. SIRI dapat membantu menemukan informasi, mencari petunjuk arah, mengirim message, melakukan call, bahkan membuka aplikasi. SIRI menggunakan teknologi machine learning untuk mendapatkan pertanyaan dan memahaminya.
  • Tesla: Bukan hanya smartphone, mobil juga sudah mulai bergeser ke teknologi Artificial Intelligence. Tesla adalah salah satu mobil terbaik yang tersedia hingga detik ini. Mobil ini tidak hanya mampu mencapai banyak penghargaan tetapi juga menghadirkan fitur canggih seperti mengemudi sendiri, kemampuan prediksi, dan inovasi teknologi absolut. 


  • Pandora: Pandora atau disebut juga DNA Musik merupakan solusi teknologi AI yang sangat populer dan detail. Tim musisi ahli secara individual menganalisis lagu, tergantung pada 400 karakteristik musik tersebut. Pandora dianggap berkualitas dalam merekomendasikan rekam jejak lagu yang jarang diperhatikan, meskipun disukai banyak orang.

  • Netflix: Netflix merupakan layanan populer  untuk menawarkan rekomendasi berdasarkan reaksi, minat, pilihan, dan perilaku konsumen yang menggunakan teknologi prediktif. Netflix  bekerja dengan cara meneliti sejumlah catatan untuk kemudian mampu merekomendasikan film berdasarkan kesukaan dan reaksi sebelumnya. 




Sumber:

https://medium.com/teknoiot/contoh-penerapan-artificial-intelligence-yang-populer-saat-ini-508851fca1d4

https://www.jagoanhosting.com/blog/pengetahuan-tentang-artificial-intelligence/



























































































































































































































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Diet Sehat Untuk Remaja

Secercah Harapan Yang Tersisa